Fasilitas Penunjang

[ioa_accordion width=”][section title=’Laboratorium Keperawatan’ color=” background=” ]




Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa, saat ini Stikes Hang Tuah Surabaya telah memiliki laboratorium keperawatan yang dikepalai oleh seorang Ka biro laboratorium dibantu oleh dua orang laboran. Laboratorium keperawatan terdiri dari :

  1. Laboratorium Keperawatan dasar, Keperawatan Medikal Bedah dan gawat darurat
  2. Laboratorium Keperawatan Maternitas dan anak.
  3. Laboratorium jiwa, komunitas dan keluarga, jiwa dan gerontik.
  4. Laboratorium biomedik, anatomi dan ruang tutorial.
  5. labskille yang terdiri 2 lantai untuk meningkatkan skill prosedur.



Pengelolaan laboratorium menggunakan sistem manual. Alat kesehatan (bak instrumen, pinset dan lain-lain) serta material habis pakai disimpan dalam kontainer yang diberi label sehingga memudahkan pengambilan bila dibutuhkan, panthoom anatomi tiga dimensi disimpan didalam lemari etalase kaca, dikelompokkan dan disusun berdasarkan sistem tubuh manusia, demikian halnya alat dan bahan praktikum biokimia dan mikrobiologi disimpan dalam lemari etalase kaca. Aktivitas kunjungan baik oleh mahasiswa maupun dosen fasilitator dicatat dalam lembar presensi kunjungan laboratorium. Peminjaman dan pengembalian alat kesehatan tercatat dalam kartu pinjam dan buku sirkulasi. Untuk rencana pengembangan laboratorium ke depan akan ada penambahan beberapa alat peraga seperti manikin dan alat kesehatan lain, serta pengadaan komputer untuk mendukung kegiatan laboratorium, selain itu juga direncanakan laboratorium memiliki software pengelolaan yang dapat lebih membantu dalam inventarisasi dan sirkulasi alat, presensi kunjungan dan lain-lain sehingga pelayanan laboratorium dapat lebih optimal.



Laboratorium memiliki alur kunjungan laboratorium serta alur peminjaman alat yang dapat dilihat langsung oleh para pengguna. Selain itu laboratorium juga memiliki standar prosedur operasional yang terdiri dari tata tertib penggunaan/kunjungan laboratorium beserta dan sanksinya, standar prosedur operasional peminjaman alat, tata tertib penggunaan laboratorium untuk praktikum biokimia, serta standar prosedur operasional terkait dengan kompetensi mahasiswa.



Sistem keamanan alat-alat kesehatan yang dimiliki laboratorium dan kegiatan dalam praktikum dilakukan dengan pemantauan melalui CCTV, peminjaman dan pengembalian alat kesehatan juga dipantau/didampingi langsung oleh pengelola/laboran. Setiap alat kesehatan yang telah selesai digunakan mahasiswa di rumah sakit dicuci dan dibersihkan terlebih dahulu untuk menghindari kontaminasi dan terpisah dari alat yang khusus digunakan dalam laboratorium. Selain itu sistem pembuangan limbah bahan habis pakai ditempatkan dalam tempat sampah tersendiri (sampah medis, non medis dan container untuk alat tajam). Pembuangan limbah cairan bahan kimia dan darah langsung ke dalam wastafel dibawah air mengalir, sehingga meminimalisir kontak langsung dengan pengguna. Hal tersebut memungkinkan keamanan dalam semua aktivitas penggunaan laboratorium. Mengenai sistem keamanan penggunaan laboratorium tertuang dalam panduan penggunaan laboratorium.

[/section][section title=’Laboratorium Bahasa’ color=” background=” ]
Pada saat ini, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya telah memiliki laboratorium bahasa Inggris dengan kapasitas sebanyak 24 unit. Sama halnya dengan laboratorium komputer, maka pada masa yang akan datang laboratorium bahasa ini juga akan lebih dikembangkan, sehingga dalam tiga tahun ke depan telah memiliki peralatan dan koleksi e-book guna pembelajaran bahasa inggris. Pengelolaan ruang laboratorium bahasa dilakukan dengan sistem manual. Penjadwalan mengikuti rencana program pengajaran dari mata kuliah di tingkat program studi.

[/section][section title=’Laboratorium Komputer’ color=” background=” ]
Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya telah merencanakan pembangunan laboratorium komputer dengan kapasitas komputer sebanyak 25 unit. Disesuaikan dengan perkembangan kemampuan serta jumlah mahasiswa, maka pada masa yang akan datang sehingga dalam tiga tahun ke depan laboratorium komputer telah berkembang, baik dalam peralatan (sound, filling cabinet) maupun memiliki program-program yang terĀ­-update.



Pengelolaan laboratorium komputer dilakukan dengan sistem manual (presensi penggunaan laboratorium komputer, tata tertib penggunaan laboratorium komputer, alur kunjungan laboratorium komputer). Pemeliharaan laboratorium komputer dilakukan secara berkala (satu bulan sekali) meliputi pemutakhiran software dan hardware dengan menunjuk pihak ketiga (tenaga IT yang berkompeten).

[/section][section title=’Perpustakaan’ color=” background=” ]
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya telah memiliki perpustakaan yang dikepalai oleh kepala perpustakaan dibantu anggota perpustakaan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Jumlah koleksi buku sebanyak 2375 judul, dengan total exemplar sebanyak 5434 exemplar. Sedangkan koleksi laporan studi yang terdiri dari karya tulis ilmiah, skripsi dan tesis sebanyak 1493 exemplar. Semua buku tersebut adalah yang diperlukan oleh mahasiswa. Pada masa yang akan datang jumlah koleksi buku yang ada di perpustakaan akan lebih ditingkatkan. Sehingga minimal setiap mata ajaran akan memiliki 50 buah judul buku. Tentu saja secara berkala judul buku itu akan diperbaharui, sehingga selalu up to date



Pengelolaan perpustakaan telah menggunakan system otomasi perpustakaan, sehingga memudahkan sistem pengelolaan mulai dari pengadaan, pengolahan, dan sirkulasi peminjaman dan pengembalian koleksi. Hal ini menjadikan optimalisasi dalam pelayanan perpustakaan kepada para user. Semua aktivitas kunjungan serta sirkulasi buku tercatat dalam system otomasi tersebut. Untuk rencana pengembangan ke depan diharapkan system otomasi ini bisa diakses secara online oleh user.



Selain itu perpustakaan juga dilengkapi dengan alur peminjaman, pengembalian dan perpanjangan peminjaman koleksi serta adanya standar prosedur operasional yang terdiri dari waktu layanan, tata tertib dan sanksi, dan panduan/tata cara penggunaan Online Public Access Catalogue (OPAC). Sistem keamanan penggunaan koleksi dilakukan dengan menggunakan system otomasi untuk dokumentasi sirkulasi koleksi. Perpustakaan memantau semua kegiatan melalui CCTV. Pemeliharaan/perbaikan/kebersihan koleksi dilakukan dengan cara melakukan penyiangan/pemilahan koleksi terbitan lama dan perbaikan dengan cara penjilidan ulang untuk koleksi-koleksi yang mulai rusak. Antisipasi terhadap hewan seperti rayap dilakukan dengan penyemprotan anti rayap dan pemantauan.



Seluruh data koleksi Perpustakaan STIKES Hang Tuah Surabaya tersimpan dalam sistem otomasi perpustakaan LINSPRO. Dimana pengguna dapat menelusur judul koleksi melalui katalog online. Seluruh sivitas bisa mengakses buku, jurnal, e-book, e-jurnal, proceeding maupun sumber pustaka lain yang ada perpustakaan dari jam 8 pagi sampai jam 7 malam. Akses dapat dilakukan langsung ke perpustakaan,

[/section][section title=’Ruang Kuliah, praktikum, diskusi dan fasilitas belajar lain’ color=” background=” ]
Untuk menunjang kegiatan pemelajaran dan manajemen maka distikes hang tuah surabaya telah tersedia bebrapa komponen ruang antara lain :

Perkantoran / administrasi terdiri dari :

  1. Ruang ketua
  2. Ruang Puket I
  3. Ruang Puket II
  4. Ruang Puket III
  5. Ruang BAAK dan IT
  6. Ruang BAU
  7. Ruang LP3M/ Ruang penjaminan Mutu/ Ruang Biro Kemahasiswaan
  8. Ruang keuangan atas
  9. Ruang Perpustakaan

Ruang kuliah terdiri dari :


  1. Ruang Kuliah A
  2. Ruang Kuliah B
  3. Ruang Kuliah C
  4. Ruang Kuliah D
  5. Ruang Kuliah E
  6. Ruang Kuliah F
  7. Ruang Kuliah G
  8. Ruang Kuliah H
  9. Ruang Kuliah I
  10. Ruang Kuliah J
  11. Ruang Kuliah K
  12. Ruang Kuliah L
  13. Ruang Kuliah M
  14. Ruang Kuliah N

Ruang diskusi, seminar, rapat, yang terdiri dari :

  1. SGD (Small Group Discussion)
  2. RSG (Ruang Serba Guna)

Ruang kerja dosen terdiri dari :

  1. Ruang Dosen Prodi D-III Keperawatan
  2. Ruang Dosen Prodi S-1 Keperawatan
  3. Ruang Dosen Prodi Profesi Ners

Tempat pembinaan minat dan bakat

  1. Lapangan bola volley, basket, bulutangkis, futsal, dan lapangan apel
  2. Koperasi Mahasiswa (KOPMA)
  3. Kantin dan tempat makan kantin
  4. Ruang Foto Copy
  5. Ruang BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)
  6. Ruang Resimen Mahasiswa
  7. Hot spot mahasiswa
  8. Musholla

Asrama terdiri dari :

  1. Asrama staf
  2. Asrama mahasiswi
  3. Kamar Tidur Dalam

Lahan Praktek dan Kerja Sama :

Pelaksanaan proses pembelajaran praktek klinik di Stikes Hang Tuah dilaksanakan di berbagai tatanan nyata yaitu :

  1. Rumkital Dr. Ramelan Surabaya
  2. Rumkital Marinir Surabaya
  3. Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya
  4. Lembaga kesehatan angkatan laut Surabaya
  5. Pangkalan Udara Angkatan Laut Diskes Armatim Surabaya
  6. Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya
  7. RSUD Dr. Soewandhi Tambak Rejo
  8. Rumah Sakit PHC Surabaya
  9. Rumah Sakit Haji Surabaya
  10. Dinas kesehatan Kota Surabaya
  11. Dinas Sosial propinsi Jawa Timur
  12. UPT PSLU Mojopahit Mojokerto
  13. UPT PSLU Pandaan Pasuruan
  14. Daerah Binaan Kelurahan Kenjeran Surabaya
  15. Primkopal Dr. Ramelan Surabaya
  16. Sri Mahasarakam College of Nursing Thailand
  17. University Tasmania Australia
  18. Seamolec (southeast asian ministers of education organization regional open learning centre)



Sistem Informasi :

Dalam pengelolaan sistem informasi data dikelola secara terpusat di bagian Badan Administrasi Akademik Kemahasiswaan (BAAK), data yang dikelolah adalah terdiri dari pengolahan data mahasiswa (biodata, jumlah, jenis kelamin,), data kurikulum (mata kuliah, sebaran, jumlah sks), data studi, data evaluasi PBM, data dosen dan pelaporan EPSBED. Sistem yang digunakan sudah menggunakan fasilitas software yaitu Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yang sudah online. Fasilitas yang digunakan dalam proses belajar mengajar (PBM) meliputi : White board, Laptop, LCD, Wireless, TV, Tape, Telepon, Faximile, e-mail.

[/section][/ioa_accordion]

Scroll to Top