Visi dan Misi Prodi S1 Gizi
NO SK PENDIRIAN PROGRAM STUDI S1 GIZI : 80/M/2020
Visi Prodi S1 gizi
Mewujudkan program studi kesehatan yang mencetak sarjana Gizi berkarakter mandiri, bermartabat, kompetitif, dan memiliki wawasan kesehatan maritim dan kelautan.
Misi Prodi S1 Gizi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menghasilkan sarjana Gizi yang berintegritas
- Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan bidang iptek Gizi dan kesehatan kesehatan maritim serta kelautan
- Melaksanakan pengabdian masyarakat di bidang Gizi dan kesehatan berbasis hasil riset yang dimulai dari di wilayah pesisir
- Mewujudkan pelaku pendidikan yang kompeten dan tangguh
- Mewujudkan penguatan tata kelola program studi sarjana Gizi yang profesional
Tujuan
- Peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran dengan kurikulum pendidikan sarjana Gizi yang relevan terhadap kebutuhan masyarakat global
- Menghasilkan luaran penelitian yang berguna bagi pengembangan Gizi dan kesehatan maritim dan kelautan
- Mengimplementasikan hasil penelitian dan ilmu Gizi guna tercapainya penyelenggaraan pengabdian masyarakat berupa peningkatan fungsi pelayanan kesehatan masyarakat dengan peningkatan peran serta masyarakat dalam menghadapi masalah kesehatan melalui upaya promotif dan preventif
- Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dengan upaya peningkatan jenjang pendidikan dan kompetensi professional serta penguatan peran seluruh civitas akademika dalam proses pendidikan dan pembelajaran di program studi sarjana Gizi
- Meningkatkan sistem tata kelola program studi sarjana keperawatan yang efektif, efisien, dan akuntabel
Profil Lulusan
Profil merupakan peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan program studi di
masyarakat atau dunia kerja. Adapun profil lulusan program studi S1 Keperawatan adalah sebagai berikut:
- Pelaku edukasi gizi kepada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat yang membutuhkan nasehat gizi
- Pengambil keputusan dalam memecahkan permasalahan gizi maupun program dan kebijakan Gizi Komunitas maupun Sosial secara profesional dan bertanggung jawab
- Pengelola penyelenggaraan makanan banyak baik di fasyankes, catering diet, hotel, kemaritiman maupun institusi lainnya secara profesional dan sesuai dengan prosedur
- Peneliti serta pengkaji perkembangan, permasalahan gizi danmempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah dengan keunggulan pada bidang gizi terutama kelautan dan kemaritiman
- Pelaku usaha produk pangan yang aman dan berkualitas terutama bidang kelautan berbasis kearifan lokal untuk menjadi solusi permasalahan gizi di masyarakat
- Supervisor, pendidik dan pelatih pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan penguasaan materi gizi dan memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu gizi terutama kelautan dan kemaritiman
- Pengelola persepsi dan informasi gizi yang tepat di masyarakat secara profesional dan bertanggung jawab
Capaian Pembelajaran
Aspek Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi Nilai Pancasila dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalis beserta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang gizi sesuai dengan standart kompetensi yang dimiliki
- Mampu melaksanakan pelayanan gizi dengan prinsip etis dan peka budaya sesuai dengan Kode Ahli Gizi Indonesia
- Memiliki sikap menghormati hak privasi, nilai budaya yang dianut dan martabat klien, menghormati hak dan informasi probadi klien atau pasien,serta bertanggung jawab atas kerahasiaan dan keamanan informasi tertulis, verbal dan elektronik yang diperoleh
- Penguasaan konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu kelompok ilmu biomedik, gizi manusia, ilmu pangan, ilmu perilaku, ilmu manajemen, ilmu humaniora, dan kelompok riset secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran.
- Memiliki pemahaman tentang konsep penyediaan produk pangan dan jasa layanan pangan terutama yang berbasis kelautan
- Memiliki pemahaman tentang cara dan proses pengkajian makanan terutama sumber hasil laut untuk pengembangan jiwa enterpreneurship
- Mampu berkomunikasi efektif dalam pelayanan konseling, edukasi gizi dan dietetik untuk menangani masalah gizi individu, kelompok dan masyarakat sesuai hasil kajiannya serta mempertimbangkan implikasinya
- Mampu mengelola pelayanan gizi berdasarkan penilaian gizi yang sudah baku secara mandiri (Care Provider)
- Mampu mengambil keputusan dengan memformulasikan pemecahan masalah gizi perorangan, kelompok dan masyarakat melalui penilaian status gizi (Decision Maker)
- Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmu gizi dalam pemecahan masalah gizi perorangan, kelompok dan masyarakat melalui penilaian status gizi (Decision Maker).
- Mampu mengembangkan pelayanan gizi promotif, kuratif dan rehabilitatif serta mampu beradaptasi pada kondisi sumber daya terbatas (Care provider)
- Mampu bekerjasama dalam tim dan bertanggung jawab atas hasil kerja mandiri atau kelompok dan memiliki sikap kritis, empati pada klien dan tim kerja pada tingkat internal serta eksternal organisasi (Community Leader)
- Mampu mengelola pendidikan gizi dengan menggunakan media dan metode sesuai karakteristik sasaran
- Mampu mengelola penyelenggaraan makanan pada institusi terutama area kemaritiman dengan menerapkan konsep-konsep manajemen
- Mampu mengembangkan rencana bisnis untuk program, produk atau layanan, termasuk pengembangan anggaran, kebutuhan staf, persyaratan fasilitas, perlengkapan dan persediaan
- Memiliki kemampuan berfikir (meta-kognitif) dengan landasan ilmiah (Decision maker, researcher)
- Memiliki kemampuan komprehensif dalam pelayanan gizi sesuai dengan kewenangan ahli gizi berdasarkan penyelenggaraan makanan yang terstruktur berbasis teori dasar ilmu gizi, pangan, biomedik, patofisiologi dan kesehatan masyarakat
- Mampu melaksanakan penelitian di bidang gizi terutama kelautan dan kemaritiman dan mendesiminasikan kajian penelahaahan masalah gizi yang akurat dalam bentuk laporan penelitian.(Researcher)
- Mampu bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menggali pengetahuan dan konsep penyediaan pangan berbasis kelautan
- Mampu melakukan pengkajian dan inovasi produk makanan hasil kelautan
- Mampu berpikir secara logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam melakukan pelayanan gizi di masyarakat sesuai dengan standart kompetensi ahli gizi
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
- Mampu mengkaji ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan keahlian, kaidah, atat cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi maupun gagasan dalam menyelesaikan permasalahan gizi
- Mampu menyusun hasil kajian saintifik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam menyelesaikan permasalahan gizi berdasarkan hasil analisis dan informasi data
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dalam rangka bekerjasama dengan pembimbing, kolega, sejawat sesuai dengan norma yang berlaku diluar maupun didalam lembaga
- Mampu bertanggung jawab dalam melakukan pelayanan gizi sesuai dengan standar kompetensi
- Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
- Mampu untuk mendokumentasikan dan menyimpan data sesuai dengan aturan yang berlaku